Tips mendapatkan tiket pesawat murah

Author photo
1. Cari dan manfaatkan Masa Promo

Tiket murah tidak dijual setiap hari. Hal ini juga merupakan bagian dari strategi pemasaran dari maskapai penerbangan atau travel agent dalam menarik minat konsumen.

Untuk mendapatkan tiket murah, Anda dapat menunggu masa promo besar-besar yang kerap diadakan oleh pihak maskapai atau travel agent. Beberapa di antaranya adalah saat masa liburan sekolah (pertengahan tahun), libur panjang menjelang pergantian tahun, atau ulang tahun dari agen tersebut. Jika sudah tahu masa promonya, Anda hanya perlu memesannya tiket murah tersebut secepatnya.

2. Booking Tiket Beberapa Minggu Sebelum Keberangkatan
Berdasarkan Airlines Reporting Corporation, waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat murah adalah 6 minggu sebelum jadwal keberangkatan yang telah Anda tentukan. Pastinya, Anda juga harus gerak cepat demi mendapatkan tiket murah tersebut sebelum kehabisan.

Selain itu, jika ingin membeli tiket promo murah, Anda bisa melakukan pembelian sekitar dua bulan sebelum jadwal keberangkatan untuk maskapai penerbanagan domestik. Sementara untuk maskapai penerbangan internasional, Anda bisa membeli tiketnya sekitar 4 bulan sebelum jadwal keberangkatan.

3. Hindari Pembelian Tiket Secara Berkelompok
Selama ini, kita berpikir jika membeli barang dengan jumlah yang besar akan membuat harganya berkurang.
Hal itu mungkin berlaku di pasar tradisional, tetapi tidak saat Anda membeli tiket pesawat yang sedang diskon.
Misalnya, jika Anda ingin pergi secara berkelompok dengan teman-teman, jangan membeli tiket dengan jumlah tertentu dalam satu pemesanan.
Usahakan Anda dan teman-teman melakukannya secara terpisah. Sebab, kalau Anda melakukannya dalam satu pemesanan, potongan harga yang berlaku tetap dihitung untuk satu tiket saja, meski Anda memesan 5 atau 6 tiket secara bersamaan.

4. Menggunakan Rute Alternatif atau Transit

Tiket untuk rute penerbangan langsung atau umum biasanya dibanderol dengan harga mahal, karena banyaknya peminat yang memilih jalur tersebut. Lantas, tidak salahnya Anda memilih rute alternatif, misalnya membeli tiket ke tempat yang dekat dengan tujuan Anda.

Cara lain, Anda dapat membeli tiket pesawat transit, karena harganya lebih murah dibandingkan tiket langsung. Selain itu, memilih jadwal keberangkatan di tengah malam atau subuh dapat menghemat pengeluaran Anda.

5. Memilih Bandara Sekunder

Jika kota atau negara tujuan Anda memiliki bandara sekunder, cari tiket pesawat yang mendarat di landasan udara tersebut. Harga tiket pesawat ke bandara primer atau utama lebih mahal, karena padatnya pengunjung dan aktivitas di sana. Sedangkan di bandara sekunder, Anda tidak akan menemukan aktivitas sesibuk di bandara utama dan Anda dapat cepat melakukan perjalanan ke tempat wisata.

Ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan cara untuk mendapatkan tiket dengan potongan harga menggiurkan. Semoga informasi tips memperoleh tiket pesawat murah ini bermanfaat bagi Anda yang ingin liburan!